Perlukah Punya website untuk Digital Marketing Bisnis?

punya website marketing

DHADigital.com Apakah harus punya website untuk digital marketing bisnis di jaman sekarang. Jawaban saya adalah "tidak harus". Masih ada yang beranggapan ketika mau menggunakan pemasaran online harus mempunyai website terlebih dulu, menurut saya untuk kondisi saat ini kurang tepat.

Bahkan saya sebagai penjual jasa pembuatan website yang mengatakan ini.

Saya akan menjalaskan secara detail, kapan suatu bisnis harus punya website dan kapan tidak harus menggunakan website. 

Dari pengalaman saya sejak tahun 2012 sudah mengenal website dan SEO di dunia bisnis, dari tahun ke tahun selalu ada perkembangan.

Sebagai contoh di era sebelum tahun 2015, pemakaian blog (blogspot dan wordopress) masih sangat bisa diandalkan. Tapi sekarang sudah tidak bisa, sangat jarang blog muncul di Google, saya tidak pernah menamukan lagi.

Tahun 2015 - 2020 web berkembang menjadi media pemasaran online yang sangat cepat. Optimasi SEO sangat membantu para usaha kecil untuk bisa mendapatkan pelanggan dari online. Saya bahkan sudah beberapa kali membuat website untuk klien dengan optimasi SEO.

2023 Perubahan Dunia Digital yang Besar

Era Youtube, sosial media, dan konten lebih banyak menjadi sumber traffic atau pengunjung. Web tanpa sosial media atau tanpa iklan tidak akan bisa apa-apa di tahun 2023. Bahkan ahli SEO sudah semakin berat jika optimasi website baru.

3 Hal Mengapa Tidak Harus Punya Website

  • Biaya pembuatan website, domain dan hosting yang semakin mahal
  • Optimasi SEO semakin sulit sulit
  • Algoritma Google semakin ketat, tidak memberi peluang pada website baru
  • Biaya iklan mendapatkan traffic web sangat mahal
Jika tujuannya untuk digital marketing, tentu membutuhkan modal besar untuk membuat website dan mendatangkan pengunjung dengan iklan.

Jika memang bisnis anda punya peluang di sosial media, maka memilih memaksimalkan sosial media saat ini lebih hemat biaya.

Bisnis Apa Harus Mempunyai Website?

Dari pengalaman saya ada beberapa jenis bisnis yang akan lebih bagus dalam pemasaran online jika mempunyai website profesional yaitu:

1. Bisnis B2B atau transaksinya antar bisnis ke bisnis atau antar perusahaan. Biasanya harus punya informasi halaman website yang jelas dan profesional, seperti profil perusahaan, alamat kantor, produk, dan kerjasama.

2. Konsumennya banyak dari Google search. Produk atau jasa yang kata kuncinya banyak dicari konsumen di Google. Di halaman Google tentu saja di dominasi oleh website, baik organik maupun berbayar dengan Google Ads.

3. Untuk menguatkan profil perusahaan, artinya website bukan media utama sebagai alat pemasaran, melainkan salah satunya saja. Sedangkan perusahaan membutuhkan profil website untuk meningkatkan kepercayaan.

3. Branding jangka panjang, ini yang paling bisa jadi alasan mengapa harus mempunyai website karena untuk membangun nama di online dalam jangka panjang. Mengelola website jika bisa sampai lebih dari 2 tahun biasanya menjadi media pemasaran online yang kuat.

Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال