Berapa Lama Proses Optimasi SEO Tergangtung Jenis Websitenya

DHADigital.com - Salah satu proses digital marketing adalah SEO, yaitu optimasi website agar kata kunci yang ditargetkan bisa muncul di halaman pencarian Google. Tapi umumnya proses optimasi SEO membutuhkan waktu yang lama. Dari pengalaman saya akan bagikan informasi berapa lama proses optimasi SEO untuk website.

Usaha agar kata kunci website muncul di halaman pertama Google, sehingga website akan mendapatkan pengunjung secara organik dari orang yang mencari melalui Google.

Waktu yang Dibutuhkan Optimasi Kata Kunci Hingga Muncul di Halaman Pertama Google

Secara umum proses pengerjaan SEO, optimasi kata kunci (keyword) dengan tingkat kompetisi sedang hingga berat membutuhkan waktu 6 hingga 12 bulan untuk bisa sampai di halaman pertama. Tapi ada yang bisa dicapai dalam waktu 2-4 bulan saja dengan beberapa kriteria tertentu.

Kita tahu di halamn pertama minimal ada 10 url yang ditampilkan, ditambah google maps, iklan, dan snippet. 

Sehingga pasti ada kompetisi dengan 10 url yang sudah ada di halaman 1 Google untuk sebuah kata kunci.

Kriteria Website yang Bisa  Lebih Cepat di Optimasi

Termasuk cepat jika memunculkan keyword di halaman pertama Google dalam waktu 3-6 bulan

1. Ekstensi Domain TLD (Top Level Domain)

Banyak pilihan domain tetapi dari beberapa pengalaman ada jenis-jenis domain yang masih unggul dibandingkan jenis domian lain, antara lain:

Ekstensi com .id dan co.id .co  merupakan domain yang mungkin lebih cepat dibaca Google daripada domain murah seperti my.id. web.id, atau biz.id 

Karena itu saya selailu menyarankan domain .com dan .id untuk website bisnis yang ingin menggunakan optimasi SEO

2. Website yang Rapi

Tampilan website yang rapi ternyata juga menjadi faktor Google lebih menilai bagus. Saya sering melihat para pemilik website hanya mengutamakan tampilan tapi tidak tahu cara merapikan sebuah website seperti:

  • Menu navigasi yang lengkap
  • Informasi, kontak, dan privacy policy
  • Artikel website
  • Link lengkap dan terdapat halaman tujuan

3. Update Artikel

"Konten is the King" juga berlaku untuk website di mata Google. Konten web tentu saya dukungan artikel yang rajin update.

Web yang hanya dibuat hanya ada halaman depan tanpa ada update artikel yang mendukung akan lebih sulit mendapatkan ranking.


4. Usia Website

Website yang sudah berusia lebih dari 6 bulan dan dikelola dengan baik akan lebih mudah dan cepat di ranking jika tahu cara optimasi yang baik daripada website yang baru saja jadi.

Saya sering menolak permintaan jasa SEO jika usia website masih kurang dari 6 bulan untuk langsung mengejar di halaman pertama.

Jika website masih baru lebih baik fokus mengelola dulu mulai dari melengkapi struktur website, update artikel, dibandingkan fokus dengan kata kunci yang ditargetkan.

Semakin lama usia website yang dikelola juga semakin mudah dioptimasi agar lebih  cepat naik di halaman pertama. 


5. Kualitas Optimasi

Ada hal-hal khusus yang sering disebut teknikal, on page, dan off page SEO, semuanya jika dikerjakan secara baik dan benar akan  membantu kata kunci web lebih cepat naik di halaman pertama Google.

Sebaliknya jika salah, atau over optimasi, justru beresiko ada kemungkinan hasilnya bisa hilang dari Google (sandbox) sehingga susah sekali di optimasi.

Kesimpulan
Jika anda memang berminat untuk optimasi website untuk beberapa kata kunci tertentu, sebaiknya mengalokasikan waktu dan biaya optimasi minimal 6 bulan.

Peningkatan posisi keyword biasanya bisa dipantau setelah 2-3 bulan berjalan di SERP ( Search Engine Result Page).

Misalnya sebelumnya kata kunci tertentu belum muncul sama sekali, nanti akan mulai muncul di halaman  5, kemudian naik ke halaman 3, 2 dan akhirnya di halaman 1 seiring berjalannya waktu dioptimasi.



Alifannuur Al Azhar

Sejak tahun 2012 merasa suka dan cocok berkecimpung di ranah SEO dan Digital Marketing untuk bisnis dan usaha. Berbagi ilmu agar menjadi bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال